Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan Tubuh. Halo semuanya pada artikel kali ini saya akan berbagi tentang; Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan Tubuh.

Buah yang satu ini biasanya kita menikmatinya saat dibuatkan menjadi jus alpukat. Dan ternyata alpukat memiliki manfaat yang sangat penting sekali untuk kesehatan tubuh kita.

Kalau selama ini kita sering menikmati jus alpukat dan rasanya begitu nikmat, namun tidak banyak orang yang menyadari kalau alpukat memiliki manfaat untuk mencegah berbagai penyakit berbahaya, dan juga bermanfaat meningkatkan metabolisme tubuh.

Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan Tubuh


Manfaat Dan Khasiat Buah Alpukat

Manfaat dan khasiat buah alpukat ini tergolong sangat bervariasi, mulai dari mencegah penyakit yang sederhana sampai kepada mencegah penyakit yang sangat berbahaya seperti kanker.

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai manfaat buah alpukat, ada baiknya kita perlu untuk mengetahui berbagai kandungan gizi yang terkandung dalam alpukat.


Kandungan Gizi Pada Alpukat

Berikut ini saya akan membahas apa saja kandungan gizi yang terdapat atau terkandung dalam buah alpukat.

  • Alpukat Mengandung Protein: Setiap buah alpukat memiliki sekitar 4 gram protein. Kandungan ini jauh lebih banyak bila dibandingankan dengan kandungan protein pada buah yang lainnya.
  • Alpukat Mengandung Gula: Gula yang terkandung dalam buah alpukat nilainya cukup kecil. Sebelah buah alpukat terdiri dari 0,2 gram gula, jadi tidak berbahaya untuk orang yang khawatir akan penyakit gula darah.
  • Alpukat Mengandung Serat:Dalam buah alpukat yang berukuran sedang, terkandung 11 gram serat, dan itu artinya hampir setengah dari serat harian yang dibutuhkan oleh tubuh ada pada alpukat.


Manfaat Alpukat Untuk Kesehatan

Baiklah, sekarang saatnya kita akan membahas satu per satu apa saja manfaat alpukat untuk kesehatan tubuh manusia.

Manfaat Alpukat Untuk Kesehatan Dan kecantikan kulit

Kandungan vitamin E, dan karotenoid antioksidan, pada alpukat akan membantu menjaga kulit terhadap penuaan dari paparan sinar matahari.

Vitamin C dalam alpukat, juga terlibat dalam penciptaan elastin dan kolagen, sangat bermanfaat untuk menjaga elastisitas kulit agar tetap kencang. Berikut ini adalah cara memanfaatkan alpukat untuk kesehatan kulit.

Cara Pertama – Penggunaan Alpukat Untuk Kulit

Lumatkan buah alpukat, balurkan pada wajah dan tangan. Biarkan hingga kurang lebih 30 menit, lalu bilas dengan air hangat. Cara ini akan efektif untuk mencegah keriput dan menghaluskan kulit

Cara Kedua – Penggunaan Alpukat Untuk Kulit

Haluskan setengah buah alpukat matang, kemudian campurkan dengan kuning telur satu butir, dan setengah cangkir susu.

Setelah dicampur merata, gunakan sebagai toner untuk pembersih kulit, sesuai dengan kebutuhan baik kulit wajah atau bagian kulit lainnya.


Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan Tubuh


Manfaat Alpukat Untuk Penyakit Radang Sendi Dan encok

Penyakit yang satu ini sering sekali menyerang setiap orang yang sudah mulai memasuki usia lanjut. Osteoarthritis adalah penyakit yang mengakibatkan peradangan sendi dan rasa nyeri yang hebat.

Buah alpukat memiliki zat anti-inflamasi yang merupakan salah satu zat dari beberapa makanan yang dapat mengurangi rasa sakit pada rematik.

Kita sudah tahu bahwa alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal. Pitosterol dan antioksidan seperti vitamin E, vitamin C dan berbagai zat karotenoid yang akan bermanfaat untuk mengurangi peradangan yang dapat mengarah kepada penyakit arthritis.

Manfaat Alpukat Untuk Mencegah Kanker

Alpukat kaya akan fitokimia. Dari penelitian yang telah dilakukan oleh para ilmuwan dapat membantu mencegah perkembangan kanker tertentu.

Para ilmuwan yang telah meneliti karakteristik kemopreventif alpukat, mereka menyimpulkan bahwa phytochemical dalam buah alpukat merupakan strategi diet yang sangat baik dalam pencegahan kanker.”

Manfaat Alpukat Untuk Mengurangi Resiko Stroke

Kandungan asam folat yang terdapat pada alpukat, bermanfaat untuk melindungi dan mencegah penyakit stroke.

Dari penelitian yang dilakukan, terbukti bahwa orang yang lebih banyak mengkonsumsi asupan kaya folat akan memiliki resiko terserang stroke lebih rendah, dari orang yang kekurangan folat.

Manfaat Alpukat Untuk Membuang Radikal Bebas

Manfaat dari antioksidan di dalam tubuh manusia adalah, untuk membuang radikal bebas. Radikal bebas ini dapat menyebabkan berbagai penyakit termasuk kanker.

Buah alpukat merupakan salah satu sumber antioksidan, dan tentu ini sangat baik untuk tubuh kita. Dalam hal ini untuk mengeluarkan racun melalui keringat atau saat kita buang air kecil.

Manfaat Alpukat Untuk Membantu Kesehatan Mata

Sumber lutein karotenoid pada buah alpukat, bermanfaat untuk membantu melindungi kesehatan mata kita. Apalagi disaat bertambahnya usia, maka akan terjadi degenerasi makula dan juga katarak.

Manfaat Alpukat Untuk Rambut

Alpukat juga merupakan salah satu buah yang sangat bermanfaat untuk kesehatan rambut. Dan untuk hal yang satu ini telah banyak digunakan di berbagai negara di dunia.

Salah satu negara pelopornya adalah penduduk mesir kuno. Dimana pada zaman itu alpukat telah digunakan untuk melakukan creambath.

Manfaat creambath dengan buah alpukat sendiri yaitu, untuk membantu menghitamkan rambut, dan membuat rambut terlihat sehat dan berkilau.

Berikut ini adalah cara penggunaannya:

  • Siapkan 1 buah alpukat matang
  • Jus atau haluskan alpukat tersebut tanpa campuaran apa pun.
  • Pakaikan alpukat pada rambut
  • Biarkan kurang lebih 15 menit
  • Setelah itu bilas sampai bersih.

Bila dilakukan secara teratur, maka hasilnya akan terlihat begitu nyata dalam beberapa minggu setelah itu.

Manfaat Alpukat Lainnya Bagi Tubuh

Manfaat buah alpukat ini sangat perlu untuk kita ketahui. Kenapa?. Hal ini selain akan menambah wawasan kita, juga akan mengubah cara berpikir kita yang salah selama ini tentang manfaat buah alpukat.

Bila alpukat dicampurkan dengan madu, maka manfaat madu dan juga manfaat buah alpukat, akan memberi daya tahan tubuh yang ekstra. Dengan demikian kita akan semakin fit dalam melakukan berbagai aktivitas, dan tubuh akan tetap terasa segar.

wonk desain
wonk desain Tempatnya Bloggernya Blogspot (Konten berkualitas adalah tehnik SEO yang tak pernah terkena imbas algoritma)

Posting Komentar untuk " Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan Tubuh"