Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan

Halo semuanya, pada artikel manfaat daun kali ini saya akan berbagi tentang; Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan.

Pohon kelor merupakan salah satu pohon yang bentuknya cukup unik, karena sekali-pun pohonnya bisa mencapai ketinggian hingga lebih dari 10 meter, tetapi daunnya termasuk jenis daun yang sangat kecil.

Saya teringat sewaktu masih kecil dan masih tinggal di desa, pohon kelor tumbuh di halaman rumah kami begitu banyak. Namun saat itu kami sama sekali tidak pernah tahu bahwa ternyata jenis daun yang satu ini begitu banyak sekali manfaatnya.

Di desa,kami juga jarang sekali mengkonsumsi daun kelor. Jadi pohon kelor hanya dibiarkan tumbuh begitu saja di halaman rumah tanpa kami tahu bahwa daun kelor sangat bermanfaat buat kesehatan tubuh.

Dari berbagai penelitian yang di lakukan oleh para ilmuwan, ternyata daun kelor memiliki manfaat yang sangat banyak sekali. Dalam daun kelor juga terdapat kandungan nutrisi yang begitu banyak. Itulah kenapa daun kelor saat ini banyak digunakan sebagai obat herbal.

Sebagai obat herbal, daun kelor bisa di olah menjadi teh, dan di dalam teh yang terbuat dari daun kelor tersebut terdapat kandungan yang berfungsi sebagai antioksidan yaitu kandungan polyphenol yang sangat tinggi.

Dengan kandungan tersebut akan sangat bermanfaat bila dimanfaatkan untuk detoks, dimana akan berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Dengan demikian tubuh tidak akan mudah terserang berbagai penyakit.

Itulah kenapa daun kelor yang memiliki nama latin moringa oleifera ini juga dijuluki oleh para ilmuwan sebagai pohon ajaib (Miracle Tree).

Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan


Kandungan Di Dalam Daun Kelor

Mari kita lihat kandungan apa saja yang terdapat di dalam daun kelor yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Dengan mengetahui kandungan-kandungan tersebut, maka kita akan bisa menikmati manfaat daun kelor untuk kesehatan tubuh.

Dari penelitian yang dilakukan ditemukan bahwa bukan saja daunnya yang bermanfaat, sebab selain daun, buah dan biji dari pohon kelor, hingga kulit batangnya, sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Didalam daun kelor ada begitu banyak kandungan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia, mulai dari;

  • Asam animo
  • Vitamin C
  • Kalium
  • Vitamin A
  • Kalsium
  • Protein
  • Zat Besi, dll.

Itulah kenapa badan organisasi kesehatan dunia atau yang kita kenal dengan nama WHO, sangat menyarankan agar bayi maupun anak-anak yang ada dalam masa pertumbuhan agar mengkonsumi daun yang satu ini, karena memiliki khasiat dan manfaat yang begitu banyak. 


Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan

Bila mengkonsumsi daun kelor segar, maka kandungan vitamin A yang terdapat pada daun kelor empat kali lebih banyak dari vitamin A pada wortel.

Kandungan vitamin C jauh lebih banyak dari pada yang terdapat pada jeruk, bahkan dikatakan tujuh kali lebih banyak kandungan vitamin C pada daun kelor.

Zat besi yang terdapat pada daun kelor sama dengan tiga per empat kali yang terdapat pada sayur bayam.

Protein yang terkandung pada daun kelor dua kali lebih banyak dari protein yang terkandung pada yogurt.

Kalium pada daun kelor, jumlahnya sama dengan tiga kali dari kalium yang terkandung dalam buah pisang.

Kalsium yang terkandung pada daun kelor segar sama dengan empat kali kalsium yang terkandung pada susu.

Kandungan-kandungan ini semua merupakan hasil yang ditemukan oleh para ilmuwan saat mereka melakukan penelitian terhadap manfaat daun kelor untuk kesehatan.


Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan

Berikut ini saya akan membahas secara singkat, apa saja manfaat daun kelor untuk kesehatan tubuh manusia. Dan tentu dengan mengetahui manfaatnya, akan sangat berguna bagi kita untuk menjaga kesehatan.


Daun Kelor Sebagai Anti Kanker

Dari beberapa penelitian ditemukan bahwa manfaat dari daun kelor yang di ekstrak bisa mencegah pertumbuhan maupun reproduksi sel-sel kanker.


Daun Kelor sebagai Obat Jantung

Dari studi ilmiah yang telah dilakukan ditemukan bahwa daun kelor sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya kerusakan jantung.

Itulah kenapa para ahli yang melakukan penelitian memiliki kesimpulan kalau daun kelor sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung.


Daun Kelor Untuk Diabetes

Di dalam daun kelor terdapat kandungan nutrisi seng. Kandungan nutrisi seng ini adalah mineral yang memiliki manfaat untuk memproduksi insulin.

Itulah kenapa lewat studi ilmiah yang dilakukan, para peneliti berkesimpulan bahwa ekstrak daun kelor sangat bermanfaat untuk mengatasi diabetes.


Daun kelor juga bermanfaat sebagai obat herbal untuk rematik, pegal linu dan nyeri.

Caranya, ambil dua tangkai daun kelor lalu tumbuk hingga halus, kemudian tambahkan juga kapur sirih dengan takaran setengah sendok makan. Aduk hingga merata, kemudian oleskan pada bagian tubuh yang sakit.

Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan


Daun Kelor Untuk Menurunkan Berat Badan

Daun kelor juga ternyata sangat baik untuk menurunkan berat badan. Caranya adalah, minumlah daun kelor yang sudah di olah menjadi teh.

Dengan minum teh daun kelor secara teratur, maka masalah pencernaan akan lebih baik, sehingga akan merangsang metabolisme tubuh yang membuat pembakaran kalori lebih cepat.

Tentu masih banyak sekali manfaat daun kelor untuk kesehatan tubuh, dan di bawah ini saya buatkan listnya;

  • Daun kelor untuk mengatasi alergi
  • Daun Kelor untuk asam urat
  • Daun kelor untuk mengobati luka yang bernanah maupun kurap, juga herpes
  • Daun kelor untuk obat sakit mata
  • Daun kelor untuk obat sakit kuning
  • Daun kelor untuk mata yang rabun atau terjadi iritasi mata
  • Daun kelor untuk rambut
  • Daun kelor untuk menurunkan panas dan demam
  • Daun kelor untuk meningkatkan produksi Asi
  • Daun kelor sebagai suplemen untuk daya tahan tubuh

Dan tentu ada begitu banyak sekali manfaat lainnya dari daun kelor untuk kesehatan tubuh manusia. Saya berharap informasi singkat ini bisa bermanfaat buat teman-teman semua.

wonk desain
wonk desain Tempatnya Bloggernya Blogspot (Konten berkualitas adalah tehnik SEO yang tak pernah terkena imbas algoritma)

Posting Komentar untuk "Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan"