Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Tumbuhan Tapak Darah Untuk Obat Herbal

Halo semuanya, kali ini saya ingin berbagi informasi tentang; Manfaat Tumbuhan Tapak Darah Untuk Obat Herbal.

Tumbuhan tapak darah ini tidak saja sebagai tumbuhan yang memiliki keindahan bunga yang begitu cantik, tetapi ternyata tumbuhan tapak darah ini juga memiliki khasiat yang sangat bermanfaat sebagai obat herbal, atau obat tradisional.

manfaat tumbuhan tapak darah


Manfaat Tumbuhan Tapak Darah

Berikut ini saya akan membahas, apa saja khasiat dari tumbuhan Tapak Darah ini yang bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal. Tumbuhan tapak darah atau yang dikenal dengan nama latin ( Catharantus Roseus ) termasuk dalam tanaman terna.


Apa itu tumbuhan tanaman terna?.

Tumbuhan tanaman terna adalah, tumbuhan yang memiliki batang yang lunak. Kenapa dikatakan tumbuhan dengan batang lunak?. Karena tumbuhan jenis ini batangnya tidak dalam bentuk kayu. Dengan demikian, tumbuhan tapak darah ini termasuk dalam tumbuhan terna semusim.

Tumbuhan tapak darah terdiri dari dua jenis yaitu, tapak darah yang memiliki bunga berwarna putih, dan tapak darah yang memiliki bunga berwarna merah.

Tapak darah termasuk tumbuhan dengan ukuran batang pohon yang kecil, dan batangnya tidak membentuk kayu. Batang pohon tapak darah berbentuk bulat dan diameter ukurannya kecil. Batangnya beruas dan juga bercabang.

Daun tumbuhan tapak darah ini bentuknya bulat menyerupai bulat telur. Daun dari tumbuhan tapak darah ini termasuk klasifikai berdaun tunggal.

Tumbuhan tapak darah biasanya selama ini kita tanam di halaman rumah atau di pot sebagai bunga untuk hiasan taman, dan tidak banyak diantara kita yang tahu kalau tumbuhan ini memiliki khasiat yang bisa dijadikan sebagai obat herbal.

Bunganya yang berwarna putih dan merah terlihat begitu indah. Dan cara menanam tumbuhan tapak darah ini sangat mudah yaitu melalui bijinya.

Bagian apa saja dari tumbuhan tapak darah ini yang bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal?. Bagian yang bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal adalah, daun, akar, juga bunganya.

Tumbuhan tapak darah memiliki senyawa Kimia, Alkaloid yang terdiri dari, vinkristin, dan vinblastin.

manfaat tumbuhan tapak darah

Khasiat Tumbuhan Tapak Darah

Berikut ini adalah beberapa manfaat dan khasiat dari tumbuhan tapak darah yang bisa digunakan sebagai obat herbal untuk kesehatan tubuh.


Tapak Darah Untuk Hipertensi

Tapak darah dapat digunakan sebagai obat herbal untuk hipertensi, atau dengan kata lain untuk mengatasi tekanan darah tinggi.

Cara penggunaannya adalah, ambil 15 – 20 gram daun tapak darah yang sudah dikeringkan, ditambah dengan 10 gram bunga krisan, kemudian rebus menggunakan 2 gelas air. Biarkan rebusan tapak darah dan bunga krisan tersebut hingga mendidih kemudian di saring. Air rebusan tapak darah ini baiknya diminum setiap sore.

Cara yang lain yaitu teman-teman bisa mengambil 7 lembar daun ataupun bunga tapak darah, lalu kemudian diseduh dengan 1 gelas air panas. Biarkan sejenak hingga airnya hampir dingin atau masih hangat kuku, di saring dan diminum. Sebaiknya di minum pada malam hari sebelum tidur.


Tapak Darah Untuk Asma Dan Bronkhitis

Untuk mengobati asma dan bronkhitis, teman-teman bisa, mengambil sepotong bonggol akar tapak darah. Akar tapak darah ini direbus menggunakan 5 gelas air. Air rebusannya jangan lupa di saring dan diminum 2 kali sehari, pada pagi hari dan sore hari.


Tapak Darah Untuk Demam

Untuk mengatasi demam, taman-teman bisa mengambil segenggam daun tapak darah (15 – 20 gram), juga batang tapak darah 3 potong serta akar tapak darah. Semuanya direbus dengan menggunakan 4 gelas air sampai mendidih.

Biarkan air rebusan tersebut hingga menjadi 1,5  gelas aja, lalu diminum pagi hari dan sore hari. Alangkah baiknya ditambah dengan gula kelapa.


Tapak Darah Untuk Kurang Darah

Untuk mengatasi kurang darah, teman-teman bisa mengambil 4 putik bunga tapak darah yang berbawrna putih. Bunga tapak darah ini direndam menggunakan 1 gelas air.

Biarkan bunga tapak darah putih tersebut direndam hingga semalaman. Baiknya air rendaman tapak darah itu diletakan diluar rumah, di alam terbuka. Air rendaman bunga tapak darah ini diminum di pagi hari. Lakukan hal ini secara teratur tiap hari.


Tapak Darah Untuk Luka Bakar

Untuk mengatasi luka bakar, ambillah beberapa lembar daun tapak darah, dan juga 0,5 genggam beras direndam dengan air. Lalu tumbuk beras dan daun tapak darah tersebut hingga halus, setelah itu tempelkan pada luka bakar.

wonk desain
wonk desain Tempatnya Bloggernya Blogspot (Konten berkualitas adalah tehnik SEO yang tak pernah terkena imbas algoritma)

Posting Komentar untuk "Manfaat Tumbuhan Tapak Darah Untuk Obat Herbal"